Skip to content

Tips Memilih Jurusan di SNMPTN Undangan

2 Februari 2011

diambil dari http://www.facebook.com/notes/dewi-hermawati-resminingayu/sedikit-tentang-snmptn-jalur-undangan-copas/500505258100

Postingan dari Bapak Suryana Setiawan (dosen Fasilkom UI)

Berapa banyak dari anda (kelas XII) yang akan mengikuti SNMPTN Undangan? Prestasi di OSK/OSP/OSN/Pelatnas dan lomba-lomba pemrograman yang bergengi (i.e. sertifikatnya) bisa dilampirkan untuk meningkatkan “nilai jual” anda.

Namun berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan. Proses penentuan penerimaan dilakukan secara bersama, bertahap dan manual di masing-masing unversitas tujuan. Tahap pertama HANYA pada pilihan pertama saja. Tahap kedua, jika ada bangku tersisa, baru dipenuhi dengan mencari dari pilihan kedua dari yang tidak lolos pilihan pertama. Karena SNMPTN Undangan ini baru pertamakalinya dilakukan dan bisa jadi memakan waktu yang cukup lama (karena evaluasi manual), demi mengejar waktu, diperkirakan tahap pertama dilakukan untuk memenuhi kuota bangku yang ada “semaksimal mungkin” kecuali kalau belum tercukupi akan dicari dari tahap kedua.

Jadi saran saya untuk anda: isilah pilihan pertama dengan yang memang anda minati dan yang memiliki kans terbesar untuk lolos dan jangan terlalu berharap pada pilihan kedua. Maksudnya begini, jika pilihan pertama anda adalah X dan pilihan kedua adalah Y. X adalah favorit (banyak peminatnya dan kans anda kecil) sementara anda memiliki kans yang cukup besar untuk Y (kurang favorit). Karena anda tidak lolos di X, maka karena Y pilihan kedua, bisa jadi kuota di Y sudah habis (tidak ada tahap kedua) sehingga anda gigit jari. Sementara, jika pilihan pertama Y, maka anda bisa langsung lolos di Y pada tahap pertama.

Ini berbeda dengan sistem penerimaan SNMPTN Ujian dengan proses seleksi yang bertahap dan computerized dengan algoritma yang memungkinkan pilihan kedua/ketiga, tetap dalam list jadi di tempat pilihan kedua/ketiga tersebut.

15 Komentar leave one →
  1. 3 Februari 2013 13:51

    apakah benar jika memilih 2 universitas
    kita tidak akan lolos ?
    dan bagaimana caranya agar kita lolos ptn dengan 1 universitas favorit?
    tolong sarannya

  2. iis siti muhlisah permalink
    5 Oktober 2012 10:47

    kalo dari jurusan bahasa gimana?
    apa yang perlu d persiapkan?

  3. Nina permalink
    11 Maret 2012 09:48

    Begini, saya memilih univ x dn di undangan itu hnya menerima 10% univ trsbut cukup bgus dn trkenal saya nekat ksitu krna jurusan yg sya inginkan hnya ada d univ tsb. Lalu pilihan k 2 adalah univ y yg persentase undangannya 60% tetapi bisa d blang univ ini lebih bgus dn trkenal d banding univ x.
    Apakah tidak apa2 bila saya memilih begitu?

  4. ronny sasmito sihombing permalink
    17 Februari 2012 15:54

    gni ea bgi tman2 smua yg ikut undangan
    klau pngen lulus undngan inti na nilai kta hrus kta sesuaikan dngan plihan kta

    • iis siti muhlisah permalink
      5 Oktober 2012 10:46

      nilai min sama max nya berapa?

  5. Vira permalink
    8 Februari 2012 16:08

    Bagaimana dengan peluang anak ulas yg memilih jurusan IPS di salah satu pilihan bidang studinya..?
    Contoh : pilihan 1 . Sasta Belanda
    2 . Arsitektur interior

    • ronny sasmito sihombing permalink
      17 Februari 2012 15:52

      ea sma ajahlh tuh

  6. Muhammad Leonardo permalink
    6 Januari 2012 12:33

    seberapa besar pengaruh sertifikat2 penghargaan dalam penentuan masuk PTN dalam jalur SNMPTN? dan apakah ada ketentuan tentang sertifikat yg di dapat seperti tingkat kab atau prov? terima kasih

  7. sorry infonxa terlalu sedikit, ku tak bisa engrti nih cara penyeleksiannya bingung2 ku tawakkal aje ame allah, lulus permalink
    10 Mei 2011 08:15

    kenapa ia thn kemarin kakak’ tingkat endak ade yg lulus krna ngambil luar daerah, mengapa ia pak? penasaran gua niech.!

  8. 26 April 2011 15:53

    U/tahun depan, alangkah lebih bijaknya kalau yang menyortir nilai2 siswa yang direkomendasikan ke SNMPTN Undangan adalah Komputer.

  9. 26 April 2011 15:51

    Lanjut ke pertanyaan saya sebelumnya ya kak..
    kan pada seleksi pilihan pertama, memang ditetapkan misalkan 10 bangku dari 9 bangku. Misalkan si x tadi kan berada di urutan 10 misalnya. Nah, pada seleksi pilihan ke dua, katakanlah ada 100 yang memilih PTN AA, dan 11 orang nilainya lebih tinggi dari si x. Apakah x akan tereliminasi atau dialihkan ke prodi ke dua PTN pilihan pertama?

  10. 26 April 2011 15:48

    Saya ingin bertanya, misalkan “si x di terima pada PTN AA (sebagai pilihan pertamanya dan prodi pertama) di urutan terakhir (misalkan quota nya 19 orang, dia berada di urutan 19), dan pada seleksi pilihan kedua, “si y yang memilih PTN AA juga, memiliki nilai yang lebih tinggi dari x”, apakah y akan tereliminasi??

  11. 13 April 2011 17:13

    kata panitia
    tidak akan ada sistim apatisme.
    karna semuanya diseleksi oleh komputer yang sudah diprogram.
    yang bener yang mana ea…?

  12. Ruth permalink
    16 Maret 2011 22:08

    saya ingin bertanya , kan masing” ada 3 jrusan dri 2 PTN yg dpilih .
    seandainya dinyatakan tidak lulus pada pemilihan pertama di PTN pertama , lalu selanjutnya bgaimana ? apakah langsung dialihkan ke pilihan ke dua di PTN pertama , atau dialihkan ke pilihan pertama PTN ke 2 .

    thanks before

  13. 3 Maret 2011 10:18

    THANKS Banget buat infonya:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: